Model Tata Kelola TI menurut ITGI
Menurut ITGI (2006), tata kelola TI pada dasarnya berfokus
pada dua hal yaitu bagaimana TI memberikan nilai tambah bagi bisnis dan
penanganan risiko pada implementasi TI.
Berdasarkan gambar diatas, domain Tata Kelola TI (ITGI, 2006)
yakni :
- Penyelarasan
Strategis (Strategic Alignment)
Memfokuskan
kepastian terhadap keterkaitan antara strategi bisnis dan TI serta penyelarasan
antara operasional TI dengan bisnis.
- Penyampaian
Nilai (Value Delivery)
Mencakup
hal-hal yang terkait dengan penyampaian nilai yang memastikan bahwa TI memenuhi
manfaat yang dijanjikan dengan memfokuskan pada pengoptimalan biaya dan
pembuktian nilai hakiki akan keberadaan TI.
- Pengelolaan
Sumber Daya (Resource Management)
Berkaitan
dengan pengoptimalan investasi yang dilakukan dan pengelolaan secara tepat dari
sumber daya TI yang kritis mencakup : aplikasi, informasi, infrastruktur dan
Sumber Daya Manusia (SDM). Isu kunci area ini berhubungan dengan pengoptimalan
pengetahuan dan infrastruktur
- Pengelolaan
Resiko (Risk Management)
Membutuhkan
kepekaan akan resiko oleh manajemen senior, pemahaman yang jelas akan perhatian
perusahaan terhadap keberadaan resiko, pemahaman kebutuhan akan kepatutan,
transparansi akan resiko yang signifikan terhadap proses bisnis perusahaan dan
tanggung jawab pengelolaan resiko ke dalam organisasi itu sendiri.
- Pengukuran
Kinerja (Performance Measurement)
Penelusuran
dan pengawasan implementasi dari strategi, pemenuhan proyek yang berjalan,
penggunaan sumber daya, kinerja proses dan penyampaian layanan dengan
menggunakan kerangka kerja seperti Balanced Scorecard yang menerjemahkan
strategi ke dalam tindakan untuk mencapai tujuan terukur dibandingkan dengan
akuntansi konvensional.
Komentar
Posting Komentar