Definisi Tata Kelola TI
Tatakelola TI adalah indikator terkuat dari tingginya nilai manfaat TI suatu organisasi (hasil penelitian Weill & Ross).
Efektivitas pemanfaatan TI jarang dikarenakan produktivitas staf TI yang tinggi, tetapi lebih karenaketepatan keputusan-keputusan TI, dengan:
− Melibatkan pihak-pihak terkait (di luar bagian TI) dalam pengambilan keputusan
− Menggunakan prosedur yang tepat (obyektif, berimbang, dsb) untuk mengambil keputusan
− Dengan tindak lanjut yang ter-rencana/pantau/evaluasi.
IT Governance Institute mendefinisikan tata kelola TI sebagai pertanggungjawaban dewan direksi dan manajemen eksekutif yangmerupakan bgian yang tak terpisahkan dari tata kelola perusahaan dan melibatkan kepemimpinan, struktur organisasi dan proses dalam memastikan kesinambungan TI organisasi dan pengembangan strategi dan tujuan organisasi. (ITGI, 2003).
Weill dan Ross
(2004) mendefinisikan tata kelola TI sebagai penetapan hak keputusan dan
kerangka akuntabilitas untuk mengarahkan perilaku yang diinginkan dalam
penggunaan TI. Fokus tatakelola TI bukan
pada hasil keputusan, tetapi pada siapa yang secara sistematis memutuskan dan memberikan masukan pada
pengambilan keputusan, serta mekanisme yang
dapat menjaga agar perilaku mereka
selaras dengan misi, strategi, dan nilai-nilai perusahaan.
Menurut
Grembergen, tata kelola TI adalah bagian tak terpisahkan dari tata
kelola korporasi (corporate governance) yang terdiri dari kepemimpinan (leadership), struktur-struktur organisasi, dan proses-proses yang
menjamin bahwa TI organisasi mendukung dan memperluas strategi dan tujuan
organisasi (Grembergen,et.al.,
2004).
Komentar
Posting Komentar