Definisi Tata Kelola TI

Tatakelola TI adalah indikator terkuat dari tingginya nilai manfaat TI suatu organisasi (hasil penelitian Weill & Ross).
Efektivitas pemanfaatan TI jarang dikarenakan produktivitas staf TI yang tinggi, tetapi lebih karena
ketepatan keputusan-keputusan TI, dengan:
− Melibatkan pihak-pihak terkait (di luar bagian TI) dalam pengambilan keputusan
− Menggunakan prosedur yang tepat (obyektif, berimbang, dsb) untuk mengambil keputusan
− Dengan tindak lanjut yang ter-rencana/pantau/evaluasi.


IT Governance Institute mendefinisikan tata kelola TI sebagai pertanggungjawaban dewan direksi dan manajemen eksekutif yangmerupakan bgian yang tak terpisahkan dari tata kelola perusahaan dan melibatkan kepemimpinan, struktur organisasi dan proses dalam memastikan kesinambungan TI organisasi dan pengembangan strategi dan tujuan organisasi. (ITGI, 2003).

Weill dan Ross (2004) mendefinisikan tata kelola TI sebagai penetapan hak keputusan dan kerangka akuntabilitas untuk mengarahkan perilaku yang diinginkan dalam penggunaan TI. Fokus tatakelola TI bukan pada hasil keputusan, tetapi pada siapa yang secara sistematis memutuskan dan memberikan masukan pada pengambilan keputusan, serta mekanisme yang dapat menjaga agar perilaku mereka selaras dengan misi, strategi, dan nilai-nilai perusahaan.

 Menurut Grembergen, tata kelola TI adalah bagian tak terpisahkan dari tata kelola korporasi (corporate governance) yang terdiri dari kepemimpinan (leadership), struktur-struktur organisasi, dan proses-proses yang menjamin bahwa TI organisasi mendukung dan memperluas strategi dan tujuan organisasi (Grembergen,et.al., 2004).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model Tata Kelola TI menurut Weill & Ross

Model Tata Kelola TI Menurut Australian Standard

Menskalakan pola pikir inovasi